Warga perkotaan memanfaatkan lahan kecil rumahnya untuk menanam holtikultura. Atau warga perkotaan yang tinggal di apartemen memanfaatkan pot untuk tanaman hias. Meski wilayah kota begitu padat bangunan, tanaman pun tetap penting bagi warga perkotaan sebagai budidaya maupun hobi.

Pemerintah kota juga memanfaatkan tanaman hias untuk mempercantik publik space-nya (taman, trotoar, hingga monumen). Hal ini menjadikan kota terasa lebih hijau. Apalagi sekolah, perguruan tinggi, dan perkantoran turut menghijaukan lingkungannya. Kota yang terasa panas mulai berubah sejuk penuh rindangan tumbuhan.

Fenomena kota dengan kesadaran warganya yang ingin lingkungannya lebih hijau bisa kita sebut urban farming. Urban farming merupakan konsep pindah dari pertanian konvensional ke pertanian perkotaan. Ada perbedaan mencolok karena pertanian konvensional berorientasi pada hasil produksi sedangkan pertanian perkotaan berorientasi pada gaya hidup.

Petrosida Gresik melihat ada peluang bagi produknya untuk membantu pelanggan di kota. Peluang itu diwujudkan dalam inovasi toko online Sida Market. Tepat di hari ulang tahun ke-35 (10/10/2019), Petrosida Gresik me-launching Sida Market. Direktur Utama Petrosida Gresik Hery Widyatmoko menjelaskan kemunculan Sida Market berkat warga kota, terutama ibu rumah tangga dan kaum milenial, yang hobi menanam sayur mau pun bunga.

Pelanggan sangat terbantu atas kehadiran Sida Market karena dapat membeli produk Petrosida Gresik sesuai kebutuhannya. Apalagi pelanggan tidak perlu pergi ke kios untuk membeli produk Petrosida Gresik. Pelanggan tinggal mengunjungi situs www.sidamarket.com dan mengikuti tata cara pembelian. Produk Petrosida Gresik di Sida Market yang dapat dibeli pelanggan, antara lain Sidanik, Sidagreen, hingga Petrobioferti.

Selain menjual produk Petrosida Gresik, Sida Market memberikan edukasi seputar dunia pertanian kepada pelanggan lewat media sosial, seperti sidamarket.official (instagram) dan Sidamarket Petrosida (facebook). Pelanggan dapat bertanya atau pun diskusi seputar dunia pertanian kepada media sosial Sida Market.

Beberapa edukasi yang diberikan Sida Market di media sosialnya adalah cara merawat rumput, metode memilih benih unggul, tata cara menggunakan produk Petrosida Gresik, hingga keunggulan produk Petrosida Gresik. Edukasi tersebut bermanfaat bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang urban farming.

Cara penjualan dan edukasi secara online pada Sida Market adalah bagian dari transformasi Departemen Penjualan Retail Petrosida Gresik. Sebagai penanggung jawab Sida Market, Departemen Penjualan Retail Petrosida Gresik ingin pelanggan mengetahui manfaat produk Petrosida Gresik bagi dunia pertanian.

 

 

 

 

 

 

 

Kategori Berita: Produk Baru, Kegiatan